Kamis, 22 Februari 2007

Retrospeksi Tentang Ontel

Michael Eko Hardianto - Teras online

Yogyakarta (22/02/07) -- Bertempat di galeria mall, teman-teman dari tetangga kita, komunikasi UPN Veteran tengah mengadakan sebuah pameran yang bertajuk "ONTHEL". Pembukaan Pameran fotografi yang dilakukan oleh Fotografi Komunikasi UPN (FOTKOM 401) ini dihadiri oleh banyak pihak, termasuk beberapa mahasiswa Atma Jaya.

Berangkat dari romantisme dan kepedulian terhadap transportasi sepeda yang mulai tergeser oleh transportasi mesin, akhirnya FOTKOM 401 mencoba mengangkat wacana tentang sepeda onthel ke dalam media fotografi.

Dalam pameran tersebut, dipamerkan berbagai foto yang berbicara tentang sepeda onthel. Bahkan dipamerkan juga beberapa sepeda onthel tua yang dimiliki oleh Paguyuban Onthel Yogyakarta (PODJOK). Koleksi sepeda yang dimiliki oleh PODJOK ini kebanyakan dibuat dari pabrikan Belanda dan Inggris. Sedangkan tahun pembuatannya berkisar pada tahun 1900an ke atas.

Tercatat sepeda onthel tertua yang dipamerkan di pameran itu, dibuat pada tahun 1925. Meskipun sudah berumur tua, sepeda-sepeda onthel tersebut masih terlihat bersih dan kuat. Hal ini karena perawatan yang baik dari pemiliknya.

Pameran foto dan sepeda "ONTHEL" ini berlangsung dari tanggal 21-28 Februari 2007 di lantai dua Galeria Mall. Pihak FOTKOM 401 sendiri berharap agar lewat pameran ini, masyarakat sadar akan pentingnya onthel dan ikut juga menjaga kelestariannya.(mik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar