Kamis, 28 Oktober 2010

Posko Bencana FISIP UAJY, Ajang Manusia Sosial

Emerita Rosalinda Davita


Yogyakarta—Sukarelawan yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogykarta membuka Posko Bencana Merapi. Kegiatan ini dikoordinasi oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Posko yang terletak di Ruang Kemahasiswaan tersebut terbuka untuk masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan bagi para korban bencana Merapi yang sudah terjadi sejak tanggal 26 Oktober 2010.

Penggalangan dana telah diawali dengan mengedarkan kotak dari kelas ke kelas selama dua hari. Selain itu, para sukarelawan juga menampung bantuan dari fakultas-fakultas lain untuk disalurkan kepada korban bencana.
Aring (21), seksi penggalangan dana, berkata, ”Itu (penggalangan dana dari kelas ke kelas-pen) tidak bisa dilakukan terus-menerus karena terbatas setiap orang. Dan itu, kalau kita masuk ke kelas-kelas dari hari pertama dan kedua itu orangnya sama. Dan itu kan sudah tidak efektif lagi.” Saat ini program yang sedang dilakukan untuk menggalang dana adalah pembuatan kaos dengan tulisan “Pray & Act for Indonesia”. Hasil keuntungan dari penjualan kaos tersebut akan disalurkan kepada korban bencana Merapi.
Sampai saat ini, bantuan yang telah dikirim berupa bantuan logistik, seperti peralatan mandi, makanan, pembalut, baju pantas pakai, dan sebagainya. Bantuan dikirim setiap hari secara berkala dan diarahkan ke tempat-tempat yang masih kekurangan suplai bantuan, yaitu Klaten, Boyolali, dan Muntilan.
Saat ini terdapat beberapa barang yang sedang diusahakan, seperti makanan untuk balita dan alas tidur. Para pengungsi masih harus tidur tanpa alas mengingat evakuasi diadakan secara tiba-tiba. Selain itu pula, pasokan makanan untuk balita sangat minim. Program bantuan tersebut akan terus dilaksanakan selama masih ada bantuan yang akan disalurkan kepada para korban bencana. ”Inilah saatnya untuk membuktikan bahwa kamu adalah manusia-manusia sosial. Berada di dalam kelas tidak menjamin apakah hidup akan sukses atau tidak,” tambah Aring. Dia mengajak mahasiswa yang lain untuk bergabung dalam posko bencana FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta.(ERD)

1 komentar:

  1. mana neh kelanjutan posko??kqkqkq...masih punya utang lohhh.. :P

    BalasHapus