Senin, 26 Februari 2007

6 Alumni dan 2 Dosen FISIP Jadi Korban Penipuan

Hendy Adhitya - Teras online

Babarsari(26/02/07) -- Seperti dilansir milis alumni FISIP UAJY (formasinet@yahoogroups.com) enam alumni dan dua dosen FISIP UAJY menjadi korban penipuan. Para alumni yang menjadi korban ialah Gatot, Rr. Dinar, Eliska, Adjie, Mona dan Widi. Sedangkan korban dari pihak dosen adalah Lukas dan Sundari (Dekan FISIP UAJY).

Para korban yang sebagian besar merupakan alumni FISIP UAJY tahun 1995, 1996 dan 1998 ini mengaku dimintai sejumlah uang oleh pelaku. Jumlah uang yang diminta pelaku berkisar antara Rp 50.000,00 hingga Rp 400.000,00.

Menurut Agus Putranto dan Anita Herawati dalam message-nya di milis Formasinet, sang pelaku dicirikan sebagai perempuan, putih, berambut kriting, wajah oriental, agak tinggi, gemuk.

"Modus operandi, memperkenalkan diri sebagai teman/adik salah satu alumni FISIP dan mengalami kesulitan untuk membayar kost atau memohonkan bantuan dari alumni yang mengalami kesulitan keuangan. Sebagian besar melalui telpon terlebih dahulu kemudian meminta untuk bertemu. Jika terjadi kontak, maka yang bersangkutan akan menggali informasi tentang keberadaan alumni yang lain sebagai bahan untuk melakukan operasi penipuan berikutnya," seperti yang dikutip dari Formasinet.

Mona, alumni FISIP UAJY jurusan Sosiologi yang juga salah satu korban penipuan dikabarkan tengah melaporkan perkara ini ke kepolisian.

Di lain pihak, Sundari memperkirakan pelaku adalah mahasiswa FISIP UAJY angkatan 1995-1998 yang telah di drop out. Perkiraan ini didasari atas penyidikan sementara para korban dan dosen melalui bank data alumni FISIP UAJY.(hen/formasinet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar