Senin, 03 November 2008

Irsyad Thamrin: Kaum Muda Tidak Tampilkan Karakter Intelektual

Hendy Adhitya – Teras Online


Babarsari (03/11/08) -- Dalam seminar bertajuk Kepeloporan Politik Pemuda, Ketua Lembaga Bantuan Hukum DI Yogyakarta Irsyad Thamrin mengatakan, “Kaum muda tidak lagi menampilkan karakter intelektual.” Lebih jauh lagi, menurutnya pemuda kini justru terjebak dalam pragmatisme kepentingan.

Selain itu, kaum muda nampak tidak mempunyai kekuatan melawan rezim yang berkuasa. Pengangkangan kepentingan dan korban politisasi diduga jadi penyebabnya.

Sementara itu pembicara lain, Anggota KPUD DI Yogyakarta Tito Haryanto mengajukan solusi atas permasalahan ini. “Kaum muda harus dipilah secara baik. (Pilihlah –red) ikon kaum muda yang memiliki visi dan komitmen terhadap kaum kecil,” katanya.

Selain itu ia juga mengajukan tiga usulan tipe pemimpin muda alternatif. Pertama, ia harus memiliki keteladanan politik. “Kaum muda yang dipilih adalah yang memang ingin berdarah-darah kepada rakyat,” ujarnya. Kedua, ia mempunyai visi, platform yang solutif terhadap masalah.

“Sedangkan yang ketiga ia punya keteladanan moral, bersih dan tidak terkait dengan pidana korupsi atau makan uang rakyat,” tandas alumnus UGM ini.

Seminar yang diadakan di Auditorium AVIS Kampus dua ini merupakan kerja sama BEM FISIP UAJY dengan Persindo.(hen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar