Jumat, 11 April 2008

Pelatihan Dasar FISIP 2008

Dany Ismanu - Teras online


Babarsari (11/04/08) -- Tadi siang sekitar pukul 14.00 WIB, perwakilan dari seluruh jajaran organisasi tingkat fakultas di FISIP UAJY mengadakan pertemuan dengan Agus Putranto (Wakil Dekan 1 FISIP UAJY) dan St. Nindito (Bidang Kemahasiswaan FISIP UAJY). Pertemuan yang membahas rencana pelatihan dasar bagi mahasiswa FISIP dilangsungkan di Ruang Kemahasiswaan (RK) FISIP UAJY. Sayangnya, tidak seluruh perwakilan organisasi hadir pada saat itu.

Pelatihan dasar yang direncanakan, murni diselenggarakan oleh mahasiswa, baik dari segi acara, pembicara yang dihadirkan sampai dengan berlangsungnya teknis acara. Fakultas sendiri tidak akan turut campur dan hanya berperan sebagai fasilitator. Berangkat dari hal ini, pelatihan dasar bisa dikonsep semenarik mungkin tanpa menghilangkan esensi dan tujuan awalnya.

Menurut Agus Putranto, pelatihan dasar merupakan bekal awal mahasiswa terjun dalam bidang organisasi. "Tujuan training ini juga mencari kandidat-kandidat yang bisa kita dorong untuk menjadi nahkoda BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) ke depan", tambahnya. FISIP sendiri idealnya menjadi sentral dan menghidupkan kegiatan mahasiswa di universitas. Oleh karena itu, pelatihan dasar menjadi satu kebutuhan penting untuk segera diselenggarakan.

Pertemuan kemudian menjadi ajang sharing kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh BEM dan setiap organisasi. Presiden BEM FISIP UAJY, Jimmy Fernanda Simanjuntak, mengungkapkan permasalahan berkaitan dengan tingkat ketertarikan mahasiswa sendiri terhadap BEM. Pada intinya, mahasiswa sekarang lebih memikirkan keuntungan apa yang di dapat dari organisasi. Sementara, mahasiswa dirasa tidak mendapatkan apa-apa dari BEM dibanding unit-unit kegiatan yang terkonsentrasi pada satu bidang kajian/minat bakat.

Pelatihan dasar diharapkan bisa menjadi satu batu loncatan untuk menggairahkan kembali FISIP dalam kehidupan berorganisasi. Jiwa-jiwa kepemimpinan yang muncul nantinya menjadi spirit dari setiap organisasi yang ada di FISIP termasuk BEM. Oleh karena itu, menjadi alasan penting bagi setiap organisasi untuk mendukung kegiatan ini supaya terselenggara dengan sukses.(dny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar