Minggu, 15 April 2007

Rm. Kirdjito: Tidak Semua Generasi Muda merupakan Generasi Salon !

Hendy Adhitya - Teras Online

Yogyakarta (15/04/07) -- "Tidak semua generasi muda merupakan generasi salon !", demikian ujar Rm. Kirdjito kemarin (14/04) saat diskusi soal budaya masyarakat kaki gunung. Rm. Kirdjito bersama Editor in chief National Geographic, Tantyo Bangun saat itu hadir sebagai pembicara dalam pameran APC Ring of Fire di Griya KR.

Maksud perkataan budayawan tersebut ialah generasi muda kini diharapkan agar terus melestarikan kebudayaan lokal bangsa. Karena generasi muda merupakan generasi penerus bangsa. Maka sudah sepatutnya anak muda jaman sekarang tidak tenggelam didalam kebudayaan asing.

Lebih jauh Rm. Kirdjito mengatakan, generasi muda di desa kini juga telah berubah laiknya pemuda kota. "Mereka bertani, namun pakaiannya bagus-bagus", ujar Rm. Kirdjito memberi contoh riil bentuk perubahan budaya di masyarakat kaki gunung Merapi.

Melihat kenyataan ini, Rm. Kirdjito hanya bisa mengamini. Tapi baginya bukan berarti kebudayaan lokal dibiarkan lenyap begitu saja. "Perlu ada kesadaran akan alam", begitu pendapatnya.

Sewaktu memberikan penjelasan berkait dengan definisi kearifan lokal, ia menjawab "...yang disebut kearifan lokal bukan ritualnya, tapi manusianya yang cinta alam". Ia berkesimpulan bahwa untuk mempertahankan kebudayaan lokal, manusia harus sadar dan mencintai alam sekitarnya.

Sementara itu, Tantyo Bangun yang mendapat giliran kedua, menyampaikan materi soal Bentuk dan Isi Foto. Sesi ini paling ditunggu-tunggu para peserta diskusi yang sebagian besar fotografer.

Seusai acara para peserta kemudian melihat pameran foto hasil jepretan para fotografer APC. Objek jepretan fotografer APC di pameran kali ini ialah masyarakat di lereng enam gunung di Pulau Jawa. Keenam gunung tersebut ialah Gunung Patuha, Semeru, Dieng, Merapi, Kawah Ijen dan Gunung Kawi.

Perlu diketahui, pameran APC Ring of Fire berlangsung sejak tanggal 14 April hingga 20 April 2007 nanti.(hen)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar