Selasa, 06 Mei 2008

Protes Presensi 75%!!!

Dany Ismanu - Teras online

Babarsari (06/05/08) -- Kemarin Senin (05/05/08) setiap fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengeluarkan pengumuman berkaitan dengan lolos presensi 75%. Mahasiswa pun ramai memeriksa adakah nomor mahasiswanya tercantum disana. Jantung berdebar, mata juga sibuk mencari, nama yang tercantum sudah dipastikan tamat, tidak boleh ikut ujian pada mata kuliah yang bersangkutan.

Kebijakan yang satu ini memang banyak menimbulkan pro dan kontra sejak pelaksanaannya. Dalam menanggapi hal ini, beberapa mahasiswa FISIP UAJY mengeluarkan protes. Spanduk berwarna biru terbentang di lobi kampus. Bertuliskan "Tolak Presensi 75%", mereka menuntut agar kebijakan ini bisa dikaji dan dikritisi lagi. "Ini sebagai feedback dari mahasiswa terhadap kebijakan tersebut untuk bisa dikritisi lebih jauh lagi," ujar Hendy Aditya, wakil presiden BEM FISIP UAJY.

Protes secara langsung pun dilayangkan oleh mahasiswa yang merasa lolos sementara nomornya tercantum pada pengumuman tersebut. Spanduk protes mahasiswa tersebut, yang baru terpasang siang tadi belum mendapatkan tanggapan dari pihak fakultas. Fakultas sendiri sebagai mitra mahasiswa layaknya bisa mempertimbangkan kembali kebijakan-kebijakan yang terkait dengan mahasiswa.

Akhirnya kebijakan ini seakan menjadi palu hakim yang menentukan 'hidupmati' si mahasiswa. Selamat kepada mahasiswa yang bisa lolos dari lubang jarum. Sampai bertemu tahun depan kepada mahasiswa yang terpaksa mengulang.(dny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar