Rabu, 18 April 2007

Sri Sultan Ke-X Janji Tidak Akan Berkhianat

Hendy Adhitya dan Andri Wicaksono – Teras Online


Yogyakarta (18/04/07) -- Sri Sultan ke –X berjanji tidak akan berkhianat kepada masyarakat Yogyakarta. Demikian pernyataan tersebut disampaikannya saat acara Pisowanan Agung di Pagelaran Kraton, Alun-alun Lor Yogyakarta.

Acara berlangsung pukul satu siang waktu setempat. Sri Sultan ke –X beserta istri dan keluarga hadir menemui ribuan masyarakat Yogyakarta berkait dengan pernyataan kontroversi absennya Sri Sultan ke –X di pencalonan Gubernur DIY masa bakti 2008-2013.

Menurutnya, dengan tidak menjadi gubernur (lagi-red) di masa berikutnya, Sri Sultan malah bisa berbuat banyak hal kepada masyarakatnya. Tidak hanya masyarakat Yogyakarta namun masyarakat Indonesia juga. Contohnya, ia ingin menerapkan paham kemajemukan di masyarakat Indonesia seperti yang Sri Sultan lakukan selama ini bagi masyarakat Yogya. “Saya tidak mungkin akan berkhianat kepada masyarakat Jogja dan republik”, tegasnya. “Karena saya sudah berjanji kepada orang tua saya untuk mengayomi masyarakat Yogyakarta, dan saya berjanji tidak boleh memiliki ambisi selain untuk menyejahterakan masyarakat”, lanjutnya sembari diiringi tepukan tangan masyarakat Yogya yang hadir.

Sehubungan dengan keputusan Sri Sultan ke –X untuk tidak menjadi gubernur DIY di masa berikutnya, banyak warga yang menyatakan kesedihannya. Perwakilan pernyataan sikap dari masyarakat Kabupaten Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul dan Kota Yogyakarta semuanya menyatakan kekagetan dan kekecewaannya terhadap langkah politis Sri Sultan ke –X ini.(hen/and)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar